Hati-hati dengan Celengan Rumah

Posted: July 8, 2010 in BIOGAS, Usaha dan Ketrampilan
Tags: , , , , ,

Jika membaca judul diatas, teringat akan cerita teman karibku. Pada waktu KKN di desa, ada pemberitahuan dari kepala dusun kepada seluruh mahasiswa untuk tidak merokok, main api  ketika sedang buang air besar di jamban. Ada salah satu temannya tidak percaya. “La wong buang air besar sambil rokokan gak boleh, ” ujarnya. Pada suatu hari setelah makan dia merasa pengen buang hajat. “Setelah makan, enakan niii buang hajat sambil merokok, surga dunia….,” dia berkata.  Teman bilang,”jangan, inget pesan kepala dusun kemarin”. “ah, surga dunia  kok dilewatin, sekalian tidak ngerasain bau jamban”, ujarnya sambil jalan ke jamban di belakang rumah penduduk.

Tak terasa 20 menit berlalu, terdengar suara BOM!!!!!!

Ada apa!! Penduduk Sekitar berlari mencari sumber bunyi tersebut. Apa yang ditemukan di tempat itu, terdengar orang teriak meminta tolong. Ah ternyata anak tadi telah terjatuh didalam jamban dengan baju yang kotor dan alamak, baunya. Seluruh orang yang datang bukan menolong, malah tertawa dan menutup hidung.

Peristiwa diatas membuat saya berpikir, ada apa dengan larangan kepala dusun dan meledaknya jamban hanya gara-gara rokok. setelah baca leteratur yang ada di perpustakaan, akhirnya terjawab juga.

Ternyata jamban juga menghasilkan gas buangan yang mengandung gas methan. Sifat dari gas methan ini sangat mudah terbakar. Saat ini gas methan telah banyak digunakan sebagai gas untuk mengantikan minyak tanah yang mulai langka. Saya pernah membaca kalau di Jakarta ada usaha WC umum yang juga menjual gas di rumah-rumah sekitar untuk memasak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s