Peluang Biogas

Posted: July 8, 2010 in BIOGAS
Tags: , , , , , , ,

Difinisi dari Biogas menurut Webster’s Dictionary mendefinisikan campuran “dari metana dan karbon dioksida yang dihasilkan oleh dekomposisi bakteri limbah organik dan digunakan sebagai bahan bakar …” Pada dasarnya, sampah organik terurai secara alami oleh bakteri anaerob dan gas metana hasil.

Biogas biasanya mengacu pada gas yang dihasilkan oleh pemecahan bahan organik biologis tanpa adanya oksigen. Biogas berasal dari bahan biogenik dan merupakan jenis biofuel.

Salah satu jenis biogas diproduksi oleh pencernaan anaerobik atau fermentasi dari bahan biodegradable seperti biomassa, pupuk kandang atau kotoran, sampah, limbah hijau dan energi jenis crop.Biogas terdiri dari metana dan karbon dioksida. Jenis utama lainnya adalah kayu gas biogas yang diciptakan oleh gasifikasi dari kayu atau biomassa lainnya. Jenis biogas terdiri atas nitrogen, hidrogen dan karbon monoksida, dengan beberapa senyawa metana.

Gas metan, hidrogen dan karbon monoksida dapat dibakar atau dioksidasi dengan oksigen. Udara mengandung 21 persen oksigen. Melepaskan energi ini memungkinkan biogas untuk digunakan sebagai bahan bakar. Biogas dapat digunakan sebagai bahan bakar berbiaya rendah di negara manapun untuk tujuan memanaskan, seperti memasak. Hal ini juga dapat digunakan dalam fasilitas pengelolaan sampah modern di tempat yang dapat digunakan untuk menjalankan semua jenis mesin panas, untuk menghasilkan baik tenaga mesin atau listrik. Biogas dapat dikompresi, seperti gas alam, dan digunakan untuk kendaraan bermotor kekuasaan dan di Inggris misalnya diperkirakan memiliki potensi untuk menggantikan sekitar 17 persen dari bahan bakar kendaraan fuel.Biogas arenewable, sehingga memenuhi syarat untuk subsidi energi terbarukan di beberapa bagian dunia.

Gas metan yang dihasilkan dari proses “bersih” kemudian dapat digunakan untuk daya dan panas kemudian mengganti sumber-sumber tradisional kita. Dari perspektif lingkungan, proses alami ini kemudian bisa mengurangi polusi, gas rumah kaca dan bau. Peluang luar memiliki sumber energi hijau dan terbarukan (yang bisa berupa produk dijual), juga mencakup transformasi limbah organik menjadi suatu produk yang sangat khusus bio-pupuk organik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s