Reaktor Mini Untuk Pembangkit Listrik, Lebih Murah dan Aman

Posted: July 8, 2010 in Teknologi Pembangkit dari Nuklir
Tags: , , , , ,

Generasi terbaru reaktor nuklir adalah reaktor mini yang dirancang sebagai modul-modul untuk memenuhi kebutuhan listrik kota-kota kecil atau suatu kawasan tambang, yang hingga saat ini masih belum ada yang diaktifkan. Reaktor mini ini salah satunya dikembangkan NuScale Power. Reaktor NuScale Power adalah reaktor kecil yang didinginkan dengan air dan mirip dengan reaktor kuno yang digunakan pada kapal perang.

Reaktor generasi mini lainnya dikembangkan Toshiba dan Institut Penelitian Pusat Industri Tenaga Listrik Jepang yang mengembangkan “baterai nuklir” berpendingin natrium cair. Reaktor ini mampu menghasilkan 10 MW listrik selama 30 tahun sebelum diisi ulang bahan bakarnya. Galena, sebuah desa di Alaska sedang bernegosiasi untuk menjadi pelanggan pertamanya.

Selain lebih murah, beberapa reaktor kecil ini juga lebih aman. Badan Tenaga Atom Internasional menyatakan, desain NuScale tidak mengharuskan adanaya pompa pendingin reaktor, sementara pompa Toshiba menggunakan teknologi elektromagnetik tanpa bagian yang bergerak, sehingga kedua reaktor mini tersebut mengurangi kemungkinan kegagalan. Walaupun begitu, yang juga harus menjadi perhatian adalah penanganan limbah radioaktif yang muncul seiring penggunaan reaktor-reaktor tersebut, perlu dilakukan penelitian mendalam agar limbah tersebut cukup aman bagi lingkungan.

sumber disini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s